Apa Itu e-commerce?

Karena gak ada definisi mutlak yang secara detail menjelaskan apa itu e-commerce, buat saya anda mau mengartikan e-commerce dengan kalimat seperti apapun sebenernya gak jadi masalah sama sekali, apalagi tiap orang emank punya bahasanya masing-masing kan untuk menjelaskan sesuatu bagi dirinya sendiri? yupz, termasuk saat ditanya tentang e-commerce.

Tapi biar gak terlalu rancu, kita akan sama-sama merujuk pada Wikipedia. Dan ketika saya cari arti kata e-commerce barusan, pengertian berikut yang akhirnya saya dapatkan dari Wikipedia:

Perdagangan elektronik atau e-dagang (Dalam Bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.

So, klo dari yang saya pahami, semua bentuk jual-beli yang dilakukan dengan memanfaatkan Internet bisa diartikan sebagai e-commerce. Ada yang punya pendapat lain? karena diawal udah saya bilang klo tiap orang pasti punya pemahaman yang berbeda, jadi saya sama sekali gak minta anda setuju dengan pernyataan saya hhe... Eum, mungkin contoh gampangnya bisa anda lihat pada TokoBagus.Com atau klo diluar negri contohnya kaya eBay sama Amazon. Ada yang belum pernah denger 3 nama itu? kayanya sih hampir sebagian besar dari anda pasti pernah denger 3 nama itu, tapi klo pun belum pernah denger sama sekali, karena kita udah gak hidup di zaman batu, anda bisa searching sendiri lah klo mau tau lebih detail :)

Nah setelah tau apa itu e-commerce, yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah, cukup menguntungkankah jika kita terjun dalam perdagangan elektronik atau transaksi jual-beli Online ini? Tentu, secara khusus jika kita menjadi penjual dari barang atau jasa yang kita tawarkan. Soalnya klo dari segi modal, menurut saya pribadi jual-beli Online bisa dibilang cukup menguntungkan untuk penjualnya, kenapa? karena anda cuma butuh Web Hosting dan Domain untuk mempromosikan barang dan jasa anda dan anda sama sekali gak perlu nyewa bangunan real untuk majangan dagangan anda, jika modal yang anda miliki memang terbatas. Bahkan klo mau lebih ekstrim lagi, anda pun gak perlu mempunyai barang dan jasa itu sendiri atau dengan kata lain anda bisa menjadi pihak ketiga sebagai penyalur barang dan jasa tersebut hhe... cuma yang jadi masalah, karena transaksi jual beli disini dilakukan secara Online atau tanpa tatap muka, kadang ada penjual kurang ajar yang memanfaatkan hal ini untuk menipu Customernya, jadi pesen saya, sebagai penjual anda harus terlebih dahulu membentuk Citra baik dimata Customer agar mereka mempercayai anda :)

Tapi yang jadi masalah kedua adalah, bagaimana kita mengundang para pembeli untuk datang dan melihat barang atau jasa yang kita jual? klo menurut saya sih yang paling gampang setelah punya Website anda harus bikin page jualan di facebook atau share aja link jualan anda di Twitter, kenapa? karena klo anda cuma ngandalin Website yang anda buat, apalagi website itu umurnya masih bener-bener belia atau newbie bisa saya pastikan gak akan ada yang dateng dan melihat dagangan anda apalagi klo yang anda andalin adalah Search Engine semisal Google, karena untuk meraih Traffic dari mereka anda harus berjuang mati-matian untuk memperkuat SEO anda. Nah itu kenapa membuat page di facebook atau men-share link jualan anda di Twitter saya katakan sebagai cara cerdas untuk mulai bertumbuh dalam bisnis Online :) Intinya sih, yang penting orang tau klo anda itu lagi jualan hhe...

Tapi ya balik lagi, dari semua faktor itu, hal yang paling utama menurut saya adalah apakah kita berani memulai atau nggak? dan berani memulai juga berarti kita sudah siap menerima resiko apapun, baik untung maupun rugi, so pikirkan matang-matang sebelum anda memulai, mungkin bahasa kerennya bikin planning dulu lah hhe..

Credit: id.wikipedia.org

0 komentar:

Posting Komentar